Pastikan Iklan Anda Berfungsi

Pastikan Iklan Anda Berfungsi – Sebagai pemilik usaha kecil, setiap dolar yang Anda belanjakan yaitu dolar yang seketika keluar dari kantong Anda dan memengaruhi margin profit Anda, terpenting ketika Anda mencoba mengembangkan bisnis Anda. Jikalau Anda ingin berhasil, Anda seharusnya melihat profit Anda dan mencari metode yang kreatif dan inovatif untuk memangkas tarif sambil tetap mendapatkan apa yang Anda butuhkan.

Pepatah lama bahwa “membutuhkan uang untuk menjadikan uang” tak pernah lebih benar daripada ketika mempromosikan bisnis Anda.

Jadi dalam hal menghabiskan uang untuk iklan, bagaimana Anda memutuskan bahwa iklan Anda berprofesi cukup keras, tanpa menghabiskan banyak uang?

Pastikan Iklan Anda Berfungsi

Pastikan Iklan Anda Berfungsi

Berkat Internet, Anda memiliki banyak alternatif untuk menemukan iklan hemat tarif yang melakukan apa yang seharusnya — membawa pelanggan tertarget yang haus akan apa yang Anda jual, seketika ke depan pintu Anda. Tetapi jangan lupa tentang metode offline hemat tarif juga.

Berikut yaitu beberapa pandangan baru untuk membantu Anda mengawali:

Fokuskan dolar iklan Anda pada target pasar Anda. Kian ketat ceruk pasar Anda, semakin baik kans Anda untuk menemukan pelanggan yang benar-benar mencari apa yang seharusnya Anda jual! Jadi, daripada melebar, dan mencoba memasarkan kepada semua orang, persempit fokus Anda, dan kemudian, sekiranya mungkin, persempit lagi! Cari tahu siapa pelanggan “pas” Anda, lalu buat kampanye iklan untuk mereka. Setelah Anda tahu kepada siapa Anda memasarkan, cari media yang menargetkan demografis itu. Bertumpu pada produk atau layanan Anda, pikirkan surat isu kelompok sosial dan lingkungan, iklan sponsor sekolah menengah, direktori kamar dagang, dan lain-lain.

Jikalau pelanggan pas Anda tak ditentukan oleh lokasi geografis tertentu, lihat publikasi demografis regional atau spesifik. Mungkin koran regional memuat edisi tahunan yang berfokus pada isu atau kesibukan yang mencapai target pasar Anda. Gunakan layar kaca kabel lokal untuk menyiarkan iklan Anda cuma di pasar tertentu. Anda akan mendapatkan tarif yang lebih murah dan demografi yang lebih terkonsentrasi.

Selalu minta harga diskon. (Banyak publikasi menawarkan diskon “agensi” hingga 15 persen. Jikalau Anda berperilaku sebagai agen periklanan internal Anda sendiri, Anda mungkin memenuhi persyaratan untuk mendapatkan tarif khusus.

Beberapa majalah bulanan menawarkan diskon untuk multi-iklan yang ditempatkan selama periode waktu 3, 6 atau 12 bulan. Beberapa besar publikasi memiliki jadwal tarif yang berbeda untuk jenis pengiklan yang berbeda — jadi bertumpu pada produk atau layanan Anda, Anda bisa memenuhi persyaratan. Gunakan sekiranya tak, sekali-sekali cuma minta diskon akan memberikannya kepada Anda.

Baca juga: Menjual rumah Anda sendiri atau dengan pilang?

Beli sisa ruang atau airtime. Ini yaitu iklan yang publikasi, stasiun radio atau layar kaca belum memenuhi batas waktu yang lazim mereka lakukan. Tentu saja Anda seharusnya mengambil tempat yang tersedia, tetapi sekali lagi, tergantung pada bisnis Anda dan produk atau layanan yang Anda jual, ketidaknyamanan itu masih sebanding dengan diskon dan eksposur yang akan Anda terima.

Gunakan iklan baris. Mereka tak cuma untuk tawaran profesi lagi. Anda akan menemukan iklan baris di majalah dan surat isu. Sebelum menulis iklan Anda, pergilah ke perpustakaan setempat Anda, dan lihatlah edisi belakang majalah atau surat isu yang Anda pertimbangkan. Lihat iklan yang menarik perhatian Anda, atau yang berulang dari bulan ke bulan. Iklan hal yang demikian tak akan ada di sana setiap bulan, sekiranya iklan hal yang demikian tak menjadikan uang bagi pengiklan. Gunakan iklan hal yang demikian sebagai batu loncatan untuk pandangan baru ketika Anda siap untuk mulai menulis iklan baris Anda sendiri.

Uji iklan Anda. Mulailah dengan publikasi yang lebih murah, sehingga Anda bisa mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tak. Bermain dengan mereka, dan atur mereka. Setelah Anda mendapatkan iklan yang berfungsi, terus pakai. Anda bisa menjalankannya lebih dari sekali, atau di lebih dari satu publikasi sekalian. Jikalau stop mendatangkan pelanggan, atau Anda mulai melihat penurunan efektivitas, maka inilah saatnya untuk mengubahnya.

Apakah Anda memiliki bisnis ritel? Jikalau demikian, periksa dana iklan koperasi yang mungkin ditawarkan oleh vendor Anda. Program kerjasama menyediakan iklan bersama untuk Anda dan vendor Anda, dan Anda akan mendapatkan beberapa dari tarif iklan yang diganti karena iklan menyebutkan vendor. (Catatan: beberapa besar program Co-op memiliki pertanda yang ketat, jadi tanyakan kepada vendor Anda dan pastikan Anda meniru undang-undang).

Barter untuk barang dan jasa. Ini bisa benar-benar efektif dengan stasiun radio dan surat isu lokal. Lihat apakah Anda bisa menyediakan produk atau layanan Anda dalam perdagangan untuk tarif iklan. (Juga disebut iklan “perdagangan” atau “In-kind”, stasiun radio atau publikasi memberi Anda iklan hal yang demikian sebagai imbalan atas produk atau layanan dengan nilai yang sama, dan kemudian memakai produk atau layanan hal yang demikian sebagai bagian dari promosi atau kontes untuk pendengarnya atau pembaca). Ini juga bisa menjadi metode yang baik untuk mendapatkan publisitas tidak dipungut bayaran tambahan, jadi sekiranya Anda memutuskan untuk mencoba metode ini, jadilah kreatif dan berpikirlah di luar budaya!

Gunakan kembali iklan Anda di media periklanan lain. Jikalau Anda memiliki iklan yang benar-benar efektif, atau tampak hebat, pakai kembali dalam format surat edaran, brosur, selebaran, pamflet, atau surat seketika. Gunakan grafik di Halaman Anda.

Menemukan perpaduan yang sehat antara periklanan online dan offline, mencari metode untuk memperluas jangkauan dan dolar periklanan Anda, dan memotong tarif secara kreatif akan membantu Anda memutuskan bahwa iklan Anda berprofesi keras untuk kesuksesan Anda.